oleh

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan berada di Desa Tegenungan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Tentunya tidak jauh dari Pasar Seni Ubud sekitar 30 menit berkendara dari ubud.

Jika anda datang dari kawasan Kota Denpasar jaraknya hanya sekitar 16 km, memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dengan berkendara.

Air terjun Tegenungan ini berada berdekatan dengan destinasi wisata yang ada di Ubud. Di sekitar air terjun ini terdapat pemandangan yang indah di kelilingi dengan perpohonan yang hijau

Tidak hanya popular di kalangan wisata lokal saja, ternyata objek wisata Air Terjun Tegunungan ini sangat digemari oleh wisatawan mancanegara loh.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 15 meter ini sudah dibuka pada tahun 1989 dan baru dilirik oleh para wisatawan saat memasuki tahun 2000-an

Untuk mencapai air terjun dari tempat parkir Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang sudah tertata dengan baik. Anda juga harus menyusuri tepian Tukad (sungai) Petanu untuk melihat air terjun dari jarak yang lebih dekat.

Air Terjun Tegenungan merupakan objek wisata air terjun yang paling dekat dengan Kota Denpasar Bali memiliki air yang bersih jika tidak musim hujan, karena pada saat musim hujan airnya akan menjadi keruh.

Sumber dari air terjun tegenungan adalah sungai petanu. Dimana, air terjun ini sangat jernih. Di tambah dengan bebatuan yang hadir menambah eloknya kawasan ini.

Pemandangan ini mampu merasuk ke dalam hati dan menghadirkan sebuah rindu yang tak terhindarkan.

Dahulu, kawasan ini sering mengadakan atraksi bungy jumping. Tetapi, sekarang sudah pupus dan hanya meninggalkan bekas tembok batu di masa lalu. Disini pula sobat travel bisa menikmatinya dengan berenang di air.

Aktivitas di Air Terjun Tegenungan

Berenang atau bermain di sekitar curahan air terjun menjadi aktifitas yang menarik dilakukan di tempat ini. Selain itu, terdapat batu-batu di sekitar Air Terjun Tegunungan yang dapat Anda gunakan untuk duduk santai menyatu dengan alam.

Tentunya mengabadikan moment dengan berfoto-foto menjadi aktifitas yang tidak ketinggalan menambah keseruan liburan Anda.

Harga Tiket Air Terjun Tegenungan

Selain itu, di dekat air terjun telah dibangun tempat-tempat pemandian dengan beberapa pancuran yang berasal dari mata air alami. Penduduk sekitar sering mandi dan mengambil air untuk konsumsi sehari-hari di pemandian tersebut, terutama pada pagi dan sore hari.

Jika Anda mau, Anda juga bisa mandi di sana. Untuk memasuki kawasan air terjun diberlakukan tiket masuk. Yakni, untuk para wisatawan lokal sebesar Rp 5.000 dan wisatawan asing Rp 10.000.

Berkunjung ke Air Terjun akan memberikan sensasi berbeda dari pada anda berkunjung ke objek wisata alam lainnya, suasana alam asri dengan gemuruh suara air terjun dan uap beterbangan tentu akan menambah moment-moment indah saat liburan, ajak juga anak-anak untuk menikmati petualangan kecil ini.

Untuk mengunjungi objek wisata Air Terjun Tegenungan Jika Anda datang dari kawasan Kota Denpasar jaraknya hanya sekitar 16 km atau memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dengan kendaraan.

Komentar