oleh

Desa Penglipuran

Sebuah komplek perumahan yang ramah lingkungan, bangunan-bangunan tertata rapi dibangun di atas lahan luas yang sama, pintu utama (angku-angkul) membentuk sama dan simetris

Terletak pada ketinggian 700m di atas permukaan laut, Penglipuran hanya berjarak6km di utara kota Bangli yang mungkin paling terkenal karena pura yang besar, Pura Kehen.

Meskipun ada ribuan desa tersebar di seluruh Bali, Penglipuran yang tenang adalah Desa yang unik karena telah berhasil mempertahankan banyak daya tarik tradisional.

Desa ini juga bersih, berkat manajemen tata ruang yang baik dan lansekap yang dikenal sebagai awig-awig.

Selain memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik dan rapi, desa ini juga memiliki pesona lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung yakni hutan bambu yang lokasinya berada di sebelah utara desa ini.

Desa yang berjarak sekitar 58,5 km atau menempuh waktu 90 menit perjalanan dengan kendaraan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

Berkunjung ke penglipuran juga menawarkan wisata kuliner seperti loloh cemcem dengan aneka rasa yang siap menghilangkan rasa haus para pengunjung.

Sajian kuliner lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke desa ini yakni ikan mujair nyat-nyat yang sudah sangat terkenal di Bali.

Yang Menarik Di Desa Penglipuran

Sensasi pertama yang akan dikunjungi setiap wisatawan yang berada di lokasi Penglipuran akan merasa takjub alasannya melihat keunikan indahannya bentuk dan desain rumah yang paling sama.

Kesamaan bangunan rumah yang ada di lokasi Desa Penglipuran melengkapi desain pintu, atap rumah, dinding rumah dan ruangan-ruangan lainnya.

Desa wisata di Bali ini terletak di Kelurahan Kubu, Kecamatan / Kabupaten Bangli – Bali, berhawa sejuk, luas desa ini sekitar 112 hektar.

Yang terdiri dari pemukiman penduduk, hutan bambu, tegalan, sekolah, parkir kendaraan dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Yang menarik di Desa Adat Penglipuran tidak hanya berbentuk pemukiman saja tetapi hutan bambu yang terletak di sebelah utara di belakang desa, menebang pohon bambu harus melalui ijin tetua desa, menjadi tempat rekreasi menarik juga, berlokasi rindang dan sejuk, cocok untuk dikunjungi dan berfoto-foto .

Cara Menuju Lokasi Desa Penglipuran

Untuk mengakses lokasi des Penglipuran yaitu dengan cara membeli kendaraan langsung atau memakai jasa rental mobil + pengemudi atau menyewa mobil. Pilihan pakai kendaraan langsung bebas biaya sewa karena tidak perlu ada biaya transportasi umum yang menuju lokasi

Jika Anda ingin yang lebih banyak bepergian atau kompilasi instan bepergian ke Desa Adat Penglipuran sanggup menggunakan jasa perjalanan bali yang menyediakan paket wisata ke Penglipuran. Paket wisata Bali dengan tujuan wisata ke Desa Adat Penglipuran juga banyak tersedia di Bali.

Kaprikornus jika Anda ingin cara yang lebih gampang sanggup menggunakan jasa perjalanan atau paket wisata.

Sementara kamu meminta perjalanan bepergian menjadi lebih baik maka gunakan kendaraan langsung atau kendaraan sewa merupakan cara terbaik untuk menikmati keunikan dari Adat Penglipuran.

Budaya Masyarakat Desa Penglipuran
Beberapa budaya yang harus dilihat oleh masyakat sekitar dan para pendatang yang diperlukan di Desa Adat Penglipuran adalah sebagai berikut:
  • Dilarang menebang pohon bambu tanpa seijin tokoh masyarakat lokal
  • Setiap pelanggaran kriminal akan dieksekusi dengan percobaan 5 ekor ayam dengan warna bulu ayam yang berbeda di 4 leluhur mereka untuk sesajen.
  • Dilarang berpoligami dan jika melakukan hal tersebut maka akan dikenakan sanksi sosial dengan mengucilkan orang tersebut.
Keunikan budaya dan konsep bangunan yang ada di lokasi Penglipuran merupakan daya tarik tersendiri yang menciptakan wisata desa yang layak untuk dikunjungi.Nah bukan hanya itu saja ni tujuan wisata yang ada di kota Bangi Bali, tempat lain yang bisa Anda kunjungi di antara objek wisata lainnya Gunung Batur bangli

Komentar