Kintamani adalah nama yang diberikan untuk daerah di sekitar gunung berapi Gunung Batur dan Danau Batur, yang keduanya berada dalam kaldera besar berusia 25 ribu tahun. Pemandangan dramatis dari tepi gunung berapi aktif Gunung Batur dan Danau Batur yang tenang dengan desa Toya Bungkah di tepi danau harus menjadi salah satu pemandangan paling banyak difoto di Bali.

Gunung Batur merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, gunung ini memiliki ketinggian 1,717 meter diatas permukaan laut. Gunung Batur memiliki kaldera yang merupakan salah satu kaldera terbesar di dunia yang berukuran 13,8 x 10 kilometer.  Gunung ini telah berkali – kali meletus yang tercatat mulai tahun 1804 hingga tahun 2005 sebanyak 26 kali. Letusan gunung Batur yang paling dahsyat tercatat pada tanggal 2 Agustus dan letusan berakhir pada tanggal 21 September 1926.

Kintamani merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Untuk menuju tempat wisata ini tidak begitu sulit, karena  banyak akses yang bisa dilalui menuju Kintamani. Disamping banyaknya akses jalan yang menuju Kintamani , papan penunjuk jalan yang memadai juga mempermudah wisawatan untuk menuju tempat wisata ini.  Jalur yang bisa dilewati jika dari arah Kuta seperti jalur Ubud ke Utara atau melewati jalur Bangli jika akan ke Desa Penglipuran.  Jika anda menginap di daerah Kuta, untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh sekitar 2 jam berkendara.

Daya Tarik 

Fasilitas penunjang pariwisat sudah sangat memadai. Tersedia banyak penginapan, restoran maupun warung makanan dengan harga yang bervariasi. Kawasan tempat wisata  lingkungan udaranya sangat segar, dengan suhu udara sangat sejuk berkisar 21 derajat celcius di siang hari. Suhu udara di Kintamani hampir sama seperti suhu udara di daerah tempat wisata Bedugul.

Yang menjadi daya tarik utama dari kawasan objek wisata Kintamani yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi ada tiga, yaitu;

  • Pemandangan Gunung Batur dan pemandangan Danau Batur yang dapat dilihat dari desa Penelokan.
  • Pemandian air panas alami yang terdapat di desa Toya Bungkah.
  • Iklim sejuk dan udara segar daerah pegunungan.

Hal utama yang anda dapat lakukan di tempat wisata Kintamani, adalah menikmati hidangan makan siang sambil melihat keindahan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Restoran di Kintamani, sebagian besar menyediakan makanan bertipe buffet, jadi anda dapat menikmati hidangan makanan sepuasnya.

Harga Tiket Kintamani Bali

Sebagai destinasi atau daerah tujuan wisata, pengunjung akan dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi kawasan wisata Kintamani. Tiket masuk yang dikenakan yaitu Rp. 15,000/orang. Walaupun ada banyak akses menuju kawasan wisata Kintamani, tetapi setiap jalur akses menuju kawasan wisata ini terdapat pos penjagaan untuk membeli tiket. Jika anda berencana berlibur ke Bali dan mengunjungi gunung batur, banyak travel agen menyediakan pilihan paket tour Bali yang  itinerarynya atau jadwal tournya mengunjungi Kintamani.

Komentar